Select Page

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika (S1)

Akreditasi B
(No.SK.424/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014)

 

Teknik Informatika (TI) adalah program studi yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk design, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang detil dalam bahasa pemrograman. Mahasiswa Ilmu Komputer harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.

Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat membuka peluang karier lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer lebih lebar. Kebutuhan terhadap keahlian teknik informatika sangat besar, terutama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi, komputer dan pemrograman. Lulusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang luas dan bervariasi, misalnya sebagai software engineer & developer (pengembang perangkat lunak), analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan jaringan serta bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah organisasi.

Final Assignment
untuk menyelesaikan gelar ini, tugas akhir akan berbasis proyek, memungkinkan mahasiswa/i untuk terlibat dengan pembelajaran dengan cara yang lebih konkret. Proyek nyata akan memungkinkan mahasiswa/i menerapkan apa yang telah dipelajari dalam mengeksplor suatu topik, memastikan penilaian selama perkuliahan bermakna dan efektif.

Visi
Visi Program Studi merupakan pernyataan yang berorientasi ke masa depan tentang apa yang diharapkan oleh Program Studi. Visi dari program studi S1 Teknik Informatika STMIK LIKMI adalah:

“Menjadi program studi terkemuka dalam bidang rekayasa perangkat lunak, grafis dan multimedia, dan jaringan komputer demi menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan serta karakter yang unggul sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada tahun 2020.”

Misi
Misi Program Studi merupakan deskripsi mengenai tugas, kewajiban, tanggung jawab, dan rencana tindakan yang dirumuskan sesuai dengan visi Program Studi untuk digunakan dalam pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Misi dari program studi S1 Teknik Informatika STMIK LIKMI adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mandiri dan berintegritas, berjiwa kompetitif serta unggul dan tanggap terhadap kemajuan teknologi dalam bidang keahlian grafis dan multimedia, rekayasa perangkat lunak dan jaringan.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang rekayasa perangkat lunak, grafis dan multimedia, dan jaringan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menghasilkan atau mengembangkan perangkat lunak berbasis komputer yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
  3. Mengabdikan ilmu dan pengetahuan dalam bidang rekayasa perangkat lunak, grafis dan multimedia dan jaringan bagi kesejahteraan masyarakat dengan memberikan penyuluhan, pelatihan, seminar, dsb.
Untuk program S1 memiliki 3 bidang minat/ bidang keahlian, yaitu :

 

Software Engineering

(APP/WEB DEVELOPER)

Tujuan Pendidikan

Pesatnya kemajuan teknologi, serta meningkatnya permintaan akan tenaga profesional untuk membangun perangkat lunak di setiap bidang merupakan salah satu alasan mengapa jurusan rekayasa perangkat lunak mengundang banyak peminat. Dengan menerapkan sistem learning by doing, serta kurikulum dengan standar internasional para mahasiswa diarahkan untuk dapat mempelajari dan menguasai teknologi informatika melalui metodologi yang muktahir, khususnya dalam bidang perangkat lunak sehingga mampu melakukan rancang bangun perangkat lunak berbasis data dan sistem informasi.

Jalur Profesi

Para sarjana yang menyandang gelar Sarjana Teknik Informatika Bidang Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak memiliki peluang terbesar untuk bekerja pada berbagai sektor industri produk maupun jasa, untuk mengisi posisi pada departemen-departemen seperti :

  • Teknologi Informasi
  • Information System Development
  • System Analyst
  • Program Analyst
  • System Support
  • Database Administrator
  • Programmer

Graphic & Multimedia Design
(ui/ux designer)

Tujuan Pendidikan

Perkembangan bidang kreatif terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan komunikasi secara visual / grafis. Kebutuhan akan software grafis dan multimedia berkembang pesat seiring dengan aplikasinya, dalam berbagai macam industri seperti advertising dan film animasi. Seiring dengan kondisi ini maka diperlukan juga tenaga-tenaga ahli yang mampu mendukung pengembangan software grafis dan multimedia. Dengan mengikuti pendidikan ini mahasiswa diharapkan mampu menciptakan software grafis dan multimedia, maupun teknik-teknik baru dalam pengolahan citra / grafis, suara. Menciptakan software yang dapat mengenali ucapan manusia, untuk diterjemahkan ke dalam tulisan, atau sebaliknya, merupakan sebuah contoh kecil produk yang diharapkan dapat dikembangkan oleh para mahasiswa.

Jalur Profesi

Berbekal pengetahun mengembangkan software grafis dan multimedia, para lulusan program pendidikan ini dapat memasuki berbagai macam industri seperti :

  • Software House
  • Otomasi Perkantoran
  • Perusahaan yang bergerak di bidang sistem pengamanan (security system) menggunakan citra / grafis / biometric
  • Perusahaan yang bergerak di bidang advertising, entertainment, dan multimedia.

Network Engineering

Tujuan Pendidikan

Dampak globalisasi dan persiapan menuju era free-trade menyebabkan pengolahan data informasi dan otomasi pada industri-industri berskala internasional menjadi sangat signifikan. Keberhasilan dan kemajuan di lapangan ditentukan semata-mata oleh kecepatan proses pengolahan materi informasi selain tentunya ketepatan, akurasi dan fleksibilitas infrastruktur jaringan.

Melalui mata kuliah yang dirancang khusus untuk menjawab perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat, para mahasiswa/i jurusan teknik informatika bidang minat perangkat lunak sistem dan jaringan diharapkan dapat membangun atau merancang sistem jaringan yang mampu mengakses informasi secara cepat, tepat dan akurat di sektor industri manapun, tempat mereka bekerja di masa depan. Khususnya merancang bangun perangkat lunak berbasis jaringan, antarmuka perangkat keras dan komunikasi data.

Jalur Profesi

Tingginya kebutuhan akan tenaga ahli dalam perangkat lunak dan jaringan menyebabkan profesi ini menjadi salah satu tulang punggung pada industri yang operasionalnya banyak mengandalkan pengolah data berbasis jaringan. Diantaranya seperti :

  • Internet Service Provider
  • Manufacturing Company
  • Industri sektor jasa seperti : rumah sakit, hotel, bank, sekolah dan universitas.